Info Dinas
Senin, 22 Apr 2024
  • Selamat Datang Di Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara
  • Selamat Datang Di Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara
22 Juli 2023

Dikbud Kolut Gelar Sosialisasi Kampanye Sekolah Sehat

Sab, 22 Juli 2023 Dibaca 159x Guru / Kesiswaan / Nasional / Pendidikan

Dinas Dikbud Kabupaten Kolaka Utara Gelar Sosialisasi Kampanye Sekolah Sehat.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan dan gaya hidup sehat di kalangan siswa, Dinas Dikbud Kabupaten Kolaka Utara Menggelar sosialisasi kampanye “Sekolah Sehat” yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang mendukung kesehatan dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya hidup sehat kepada para siswa.
Sosialisasi ini dilaksanakan di Cafe Senandung pada hari Sabtu (22/7/2023).
Acara menghadirkan pemateri dari dinas kesehatan kabupaten Kolaka Utara, Widyawati, S.KM.
Sosialisasi Kampanye Sekolah Sehat menurut kepala Bidang Pendidikan Dasar, Ismail, S.Pd dalam paparannya menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan siswa sebagai salah satu prioritas utama. “Kesehatan siswa adalah investasi bagi masa depan mereka. Dengan mengajarkan mereka tentang pentingnya pola hidup sehat sejak dini, kita membantu mereka tumbuh menjadi generasi yang lebih sehat dan produktif. Untuk itu peran Pemerintah daerah sangat penting dalam mendukung program ini, Alhamdulillah Dinas pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara sudah membuat Surat Edaran untuk satuan pendidikan.” Ungkapnya.
Pemateri dari Dinas Kesehatan Kolaka Utara, Widyawati, S.KM menjelaskan bahwa kampanye Sekolah Sehat meliputi kampanye sehat bergizi, sehat fisik, dan sehat imunisasi.
Kampanye pemenuhan kebutuhan gizi meliputi edukasi mengenai gizi seimbang dengan pembiasaan makan dan minum dengan gizi seimbang.
“Menghindari dan meminimalkan konsumsi makanan cepat saji, makanan/minuman yang berpemanis, berpengawet, kurang serat, tinggi gula, tinggi garam, dan tinggi lemak; serta mewujudkan kantin sehat”. Ungkapnya lagi.
Kampanye sehat imunisasi meliputi pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi anak usia sekolah. “Kampanye sehat imunisasi meliputi pemetaan status imunisasi, pemberian rekomendasi, dan pelaksanaan imunisasi dasar lengkap bagi anak usia sekolah”. Tambah Widyawati.
Sekretaris Dinas pendidikan yang membuka kegiatan sosialisasi juga menambahkan bahwa upaya untuk mewujudkan sehat fisik yaitu meliputi pembiasaan melaksanakan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) seminggu sekali; juga melakukan gerakan peregangan saat pergantian jam pelajaran.
“Optimalisasi lompat, lari, lempar, dan loncat (4L) melalui kegiatan permainan rakyat dan olahraga tradisional pada jam istirahat; optimalisasi kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler olahraga; serta pembiasaan jalan kaki”. Tambahnya.
Program revitalisasi UKS melalui kampanye Sekolah Sehat mencakup siswa sekolah dasar (SD) di seluruh Indonesia. Kegiatan ini melibatkan Pendidik dan tenaga kependidikan, tim pembina dan pelaksana UKS, orang tua, serta masyarakat”. Terangnya.
Terkait dengan sekolah sehat ini, Ismail, S.Pd juga mengingatkan bahwa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sudah meluncurkan program revitalisasi UKS melalui kampanye “Sekolah Sehat”. Tujuannya untuk mengoptimalkan upaya promosi kesehatan di satuan pendidikan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang selama ini belum optimal.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

April 2024
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Pengumuman

Diterbitkan :
Pemutakhiran Aplikasi Dapodik Versi 2023.c
Yth. Bapak/Ibu 1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 2. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi 3. Kepala..
Diterbitkan :
Undangan Percepatan Sinkronisasi Dapodik PAUD
Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 7947/C/HK.04.01/2022 tentang Persiapan..
Diterbitkan :
Pembukaan Pendaftaran Calon Siswa Baru
Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse..