Info Dinas
Minggu, 24 Mei 6133
  • Selamat Datang Di Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara
  • Selamat Datang Di Website Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara
12 Juni 2023

Dikbud Kolaka Utara Tandatangani MoU dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya

Sen, 12 Juni 2023 Dibaca 206x Berita / Guru / Kesiswaan / Kurikulum Merdeka / Nasional / Pendidikan

Jakarta, 9 Juni 2023. Penandatanganan MoU Peningkatan Kualitas Pendidikan antara Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya.

Dalam rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan, Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara melalui Pj. Bupati Kolaka Utara Parinringi, S.E., M.Si., telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Prof. Yohanes Surya, Ph.D (pendiri Yayasan Teknologi Indonesia Jaya). Penandatanganan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Jakarta pada tanggal 9 Juni 2023.

MoU ini merupakan kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kolaka Utara, khususnya dalam bidang sains dan matematika. Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara menyadari bahwa dalam mewujudkan Visi Pemerintahan Indonesia (Mencetak Generasi Emas, 2024) dan Visi Pemerintahan Kabupaten Kolaka Utara, maka diperlukan Percepatan-percepatan diberbagai bidang pembangunan. Demikian halnya dengan pembangunan di bidang pendidikan. 

Di bidang pendidikan, Pj. Bupati Kolaka Utara menyadari pentingnya membentuk generasi sejak dini. Hal ini harus dimulai dari pengembangan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan yang berkualitas itu hanya bisa terwujud jika guru sebagai pelaksana lapangan dapat menjalankan tugasnya dengan baik.Guru harus memiliki motivasi yang kuat untuk mengembangkan dirinya, berpikir kreatif dan mampu menerapkan berbagai teknik dan metode pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan tugasnya. Dalam rangka mewujudkan hal ini maka diperlukan tindakan yang nyata dari pemerintah. Oleh sebab itu, pemerintah kabupaten Kolaka Utara mendorong dilaksanakannya pelatihan-pelatihan guru yang lebih terstruktur. 

Yang menjadi salah satu fokus utama dalam MoU tersebut adalah pelatihan guru untuk bidang sains, teknologi dan matematika. Melalui pelatihan ini, diharapkan agar guru di Kolaka Utara dapat menguasai teknik dan metode pembelajaran yang terkini yang lebih kreatif, inovatif dan berkesinambungan. Selain dapat meningkatkan kompetensi guru, pelatihan yang dilaksanakan juga diharapkan dapat  mengembangkan keterampilan berpikir kritis pada siswa, serta memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran guna pelaksanaan pembelajaran yang lebih  Gampang, Asyik dan Menyenangkan bagi para peserta didik.

Perjanjian kerja sama ini akan berlangsung selama setahun kedepan dan akan mulai berlaku setelah perjanjian Kerja Sama Operasional ditandatangani. Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya berkomitmen untuk bekerja sama secara aktif dalam melaksanakan program-program pendidikan yang telah dirancang.

Pj. Bupati Kolaka Utara Parinringi, S.E., M.Si., menyatakan kegembiraannya atas kerja sama ini dan yakin bahwa kolaborasi dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kolaka Utara. Ia juga berharap bahwa melalui kerja sama ini, para guru dan siswa akan terus memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan perkembangan teknologi dan informasi saat ini.

Prof. Yohanes Surya, P.hD., yang mewakili Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, juga mengungkapkan kegembiraannya dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara. Ia menyampaikan komitmennya untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut melalui program-program yang inovatif dan berkelanjutan.

Dengan penandatanganan MoU ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya dapat saling mendukung dan bekerja sama secara sinergis guna mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Kolaka Utara.

Sebagai tahap awal, maka Memorandum of Understanding (MoU) ini dilanjutkan dengan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Yayasan Teknologi Indonesia Jaya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara sebagai OPD yang menjalankan pemerintahan di bidang pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara, H. Muhammad Idrus, S.Sos.,M.Si menyatakan bahwa dalam menjalankan tugas-tugas pembangunan di bidang pendidikan, kami menganut prinsip bahwa setiap individu mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan, yang artinya bahwa pendidikan untuk semua. Sejalan dengan Visi pemerintahan Indonesia, maka kami menyadari bahwa untuk mendukung pencapaian generasi emas, diperlukan langkah-langkah Percepatan di bidang pendidikan.

Saat ini, kita akan memulai dari peningkatan kualitas guru secara kontekstual atau secara nyata, melalui Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dengan Melibatkan Peserta Didik secara langsung. Kegiatan kita beri nama Percepatan capaian Pembelajaran Numerasi melalui metode pembelajaran yang Gampang, Asyik dan Menyenangkan.

Kami telah melakukan analisa dan assesmen, sehingga disimpulkan data bahwa dalam pembelajaran yang dilakukan selama ini oleh bapak dan ibu guru di sekolah bukannya tidak berjalan dengan baik, akan tetapi masih ada guru yang belum mampu menerapkan metode pembelajaran yang dapat memotivasi dan menarik minat belajar peserta didiknya. Banyak guru yang belum mampu menemukan metode yang tepat dan sesuai dengan kondisi peserta didiknya.

Berkat dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara, yakni melalui bapak Pj. Bupati, bapak PARINRINGI, SE.,M.Si, setelah penandatangan MoU dengan bapak Prof. Yohanes Suryo, Ph.D, sebagai Pendiri Yayasan Teknologi Indonesia Jaya, maka kami segera melakukan kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kolaka Utara dengan Tim GASING yang diwakili oleh BRYAN RAHARJA (Ketua Yayasan Teknologi Indonesia Jaya) untuk melaksanakan kegiatan percepatan capaian Pembelajaran yang Gampang, Asyik dan Menyenangkan atau biasa dikenal dengan nama Metode GASING.

Kegiatan akan dilaksanakan selama 15 hari, terhitung mulai tanggal 12 sampai dengan 27 Juni 2023. 

Kegiatan diikuti oleh 32 Orang Guru yang terdiri dari 24 orang Guru Sekolah Dasar (SD), dan 8 orang Guru Sekolah Menengah Pertma (SMP). Kegiatan ini melibatkan peserta didik sebanyak 65 orang yang terdiri atas 49 orang peserta didik jenjang sekolah dasar dan 16 orang peserta didik jenjang sekolah menengah pertama. 

 

Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pengimbasan kepada guru-guru dan peserta didik lain di semua satuan pendidikan di Kolaka Utara. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan, agar upaya percepataan capaian peningkatan kualitas pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kolaka Utara.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

 

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Pengumuman

Diterbitkan :
Pemutakhiran Aplikasi Dapodik Versi 2023.c
Yth. Bapak/Ibu 1. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi 2. Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi 3. Kepala..
Diterbitkan :
Undangan Percepatan Sinkronisasi Dapodik PAUD
Menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Nomor: 7947/C/HK.04.01/2022 tentang Persiapan..
Diterbitkan :
Pembukaan Pendaftaran Calon Siswa Baru
Quia dolori non voluptas contraria est, sed doloris privatio. Omnia contraria, quos etiam insanos esse..